Indahnya Berbagi



SEDEKAH MEMBAWA BERKAH

 
Salah satu hikmah nyata dari sedekah adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT yang hingga akhirnya akan mendekatkan seseorang kepada surga-Nya. Dalam sebuah Hadist rasulullah menjeaskan yang artinya:
“Dermawan (bisa menyebabkan) dekat dengan Allah, dekat dengan rahmat-Nya dan jauh dari azhab-Nya. Sedangkan sifat kikir (bisa menyebabkan) jauh dari Allah, jauh dari rahmat-Nya, dekat dengan siksaan-Nya.”

                Seorang dermawan, adalah orang yang suka menyedekahkan hartanya. Kikir adalah mereka yang terlalu sayang dengan hartanya hingga enggan untuk berbagi dengan yang lain. Sifat dermawan akan mendekatkan manusia kepada rahmat-Nya, sedangkan kikir akan menjauhkan dari mereka dari rahmat-Nya dan dekat dengan siksa-Nya.
                Seseorang yang didalam dirinya terdapat sifat dermawan, mereka lebih mementingkan kebahagiaan yang hakiki (akherat) dibanding kesenangan sesaat (duniawi), sebaliknya orang yang dipenuhi cinta terhadap dunia akan lalai tentang kehidupan setelah mati (akherat).
Pembaca yang budiman, seorang yang memikirkan kehidupan akherat tidak akan pernah stress karena urusan dunia dan tak pernah punya ambisi terhadap dunia hanya ketenangan yang ada pada dirinya dengan diwujudkan rasa syukur yang besar karena semua yang melekat pada dirinya merupakan karunia dari Allah SWT. Semakin banyak harta/ rezeki yang diterima, baginya tak lebih dari nikmat yang telah dikaruniakan oleh Allah sehingga rasa syukurnya semakin besar disertai sedekahnya akan meningkat, walaupun di timpa musibah sehingga harta bendanya berkurang bahkan habis maka tidak akan merasa sedih karenanya dan memahami semua ini adalah titipan dan mengembalikan semua musibah hanya kepada Allah SWT.
Pembaca yang dirahmati Allah SWT, mari bersama-sama kita tingkatkan amal kebaikan kita jangan sampai kita menjadi orang orang yang bakhil, pernah Nabi bersabda yang artinya:
                “Aku melihat ada tulisan di pintu surga, (kamu ‘surga’ haram untuk semua orang bakhil, orang durhaka kepada kedua orang tua, dan para penggunjing”
                Dalam hadist yang lain yang artinya:
“Ketika Allah menciptakan surga, maka surga bertanya, ‘wahai Tuhanku, mengapa Engkau menciptakan aku?’ Allah menjawab, ‘untuk semua orang yang dermawandan yang bertaqwa’. Surga berkata, ‘ya aku ridha’ dan bertanya pula neraka, ‘wahai Tuhan, mengapa Engkau menciptakan aku?’ Allah menjawab, ‘Untuk orang-orang yang bakhil dan orang-orang sombong’ neraka berkata ‘ya aku memang untuk mereka’.”
 Sedekah memang salah satu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah, dan sebaliknya bakhil merupakan sekat dan akan menjauhkan dari rahmat Allah, seringkali dari beberapa media dan sumber membahas tentang indah dan dahsyatnya sedekah, dan bagaimana kisah orang yang bakhil mendapatkan murka dari Allah SWT,
Pembaca yang budiman, pada umumnya banyak orang memahami bersedekah itu bagi yang kaya, marilah kita cermati lagi tentang siapa saja yang berhak dan bisa mengamalkan sedekah. Sedekah merupakan amalan yang sebenarnya adalah sangat mudah untuk dikerjakan dan bisa dilakukan oleh siapapun, dan sedekah tidak harus dengan uang/ harta yang dimiliki, akan tetapi sedekah bisa berupa apapun yang itu bisa mendatangkan manfaat bagi orang lain, contoh ringan yaitu kita selalu ceria dan murah senyum dihadapan semua orang, itu saja sudah dikatakan sedekah.
Indahnya berbagi sangatlah besar manfaatnya, selain dari yang diberi sadaqah mendapatkan kebahagiaan karena permasalahan ekonominya dapat terselesaikan sementara, juga kepada yang membagi rezekinya juga mendapatkan janji dari Allah SWT akan dihapus dosa-dosanya melalui sedekah, dalam firman-Nya artinya, “Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang faqir maka itu lebih baik bagimu; dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan.” (QS2:271).
Rasulullah SAW bersabda, artinya: “Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah.” (HR. Tirmidzi no. 1208, ia berkata: “Hasan shahih”)
Begitu besar manfaat sedekah sehingga banyak sekali pembahasan tetang hal sedekah, sedekah yang biasa saja sangat besar manfaatnya apalagi jika penyalurannya kepada mereka yang betul-betul membutuhkan dan posisi mereka akan kita butuhkan siapa lagi kalau bukan anak yatim, mereka nantinya akan menjadi penerus pejuang agama dan bangsa ini. Rasulullah bersabda, artinya:
“Barangsiapa meletakkan tangannya diatas kepala anak Yatim dengan penuh kasih sayang, maka ALLAH akan menuliskan kebaikan pada setiap lembar rambut yang disentuhnya” (H.R. Ahmad). “Aku dan pemelihara anak YATIM, di sorga seperti ini” kata Rasulullah sambil memberi isyarat dengan merapatkan jari telunjuk dan jari tengah beliau.” (H.R Bukhari).

Orang yang tidak mau untuk mengamalkan sedekah akan menjadi orang yang bakhil dan didalam hatinya akan diselimuti hawa nafsu keduniaan dan ambisi untuk meraih apa yang dia kehendaki, pembaca saat ini untuk berbagi/ sedekah sangatlah mudah, karena saat ini banyak terdapat lembaga-lembaga sebagai penyalur kepada orang yang membutuhkan uluran tangan kita.
Di ngawi lembaga yang juga ikut serta memberikan fasilitas untuk menyalurkan amal anda kepada yang berhak menerima salah satunya adalah Yayasan Bina Insanim (YBI). YBI merupakan lembaga sosial yang menampung dan menyantuni anak-anak Yatim piatu dan du’afa yang mereka tinggal diasrama “panti” Bina Insani disini mereka di berikan fasilitas tempat tinggal, kebutuhan makan, pakaian dan biaya sekolah dan semua kebutuhan mereka di tanggung oleh Yayasan Bina Insani melalui para tangan para dermawan yang ikut serta memperhatikan mereka.
Para pembaca yang budiman, Yayasan Bina Insani Ngawi merupakan salah satu Lembaga Sosial yang eksis dalam memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dan yang ingin menyalurkan amal sholihnya khususnya di Ngawi, karena Alhamdulillah saat ini telah menampung dan menyantuni sejumlah 57 anak yatim, piatu dan du’afa, dan didukung dari masyarakat yang ikut serta menyalurkan amal solihnya untuk kebutuhan mereka.
Demikian sedikit ulasan mengenai sedekah, semoga tulisan singkat ini bisa menyentuh hati kita dan mampu untuk mengamalkannya sehingga kita berharap untuk lebih dekat denga Rahmat-Nya. Semoga kita dimampukan oleh Allah untuk melaksanakannya sehingga nantinya kita mendapatkan keridhaan-Nya dan dimasukkan kedalam surga-Nya. Amin. Wallahu’alam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar